Social Icons

dengan menyebut nama Allah

11/06/13

Learning Camp BPB

Learning camp . camp .. apa ya learning itu pembelajaran camp itu adalah kemah , jadi learning camp itu pembelajaran kemah , -_- seperti apa pun definisi learning camp menurut kalian, untuk saat ini .. hanya learning camp yang ingin aku ceritakan. Spektakuler , learning camp adalah salah satu acara yang di rancang untuk orang-orang yang berambisi masuk perguruan tinggi negri, dmana mereka semacam di asramakan lalu di porsir kegiatan pembelajaran nya sampai hari sbmptn tiba (seleksi masuk perguruan tinggi negri).
Awal mula nya adalah ketika hari terakhir beres UN tingkat SMA aku tidak sengaja melihat salah seorang teman yang bernama biri ranchman yang sedang sibuk menyiapkan berkas-berkas entah untuk apa, lalu kemudian aku kepo . dan katanya berkas-berkas itu adalah syarat untuk mengikuti salah satu kegiatan yang bernama beasiswa pemimpin bangsa yang di sponsori oleh dompet duafa, rexa (lembaga bimbingan belajar), dan hariff salah satu perusahaan besar telekomunikasi, sangat menarik .. lalu aku kepo dan kemudian aku memutuskan untuk mencoba ikut daftar, karna pada saat itu adalah hari terakhir, aku pun sesegera mungkin melengkapi persyaratan yang di butuhkan di antaranya nilai rapot smester 5, surat kterangan penghasilan orang tua, RT, dan biodata lengkap serta riwayat hidup, dsb dsb dsb.. tapi Alhamdulillah der Allah mempermudah, smuanya selesai dalam waktu 3 jam ! kumplit dan langsung aku antar ke dompet duafa di jalan Pasir kaliki. Setelah melalui beberapa tahap penyeleksian di antaranya seleksi TPA online, telah ter seleksi 750 orang dari 2000 pndaftar, aku salah satunya. Lalu tes Tulis di UPI di seleksi lagi menjadi 350 orang dan aku salah satunya, kemudian tahap terakhir adalah home visit ,, itu adalah tahap seleksi yang bikin deg-degan ! haha , siapa sangka juga pada akhirnya aku masuk 100 besar peserta learning camp BPB . sungguh aku senang sungguh . hal yang tidak disangka . tapi pas dipikir ulang 15 hari learning camp apakah bisa aku selumayan lama itu untuk jauh dari ayah, jauh dari dia, jauh dari kebiasaan aku di rumah . dan yang pasti tanpa hampong , ahhh pikiran ku kacau ketika h-2 pmberangkatan aku masih galau .. Cuma satu yang bikin aku tertarik untuk ttep datang, yaitu suasana yang ga terbayangkan .. bertemu dengan 99 orang luar biasa dari berbagai penjuru Indonesia yang mempunyai cita-cita dan ambisi tinggi untuk masuk PTN. Dan der ,,, u know what ? dulu iya aku punya banget ambisi mereka, tapi sekarang ngga , semenjak aku diberi nasehat oleh guru spiritual tentang makna kesuksesan yang ttep balik lagi ke diri kita sendiri, bukan karena lembaga nya. Aku sayang banget sama diri aku sendiri, aku ga akan pernah memaksakan nya untuk mencapai hal yang emang belum saat nya tercapai, ibarat nya aku ga mau terlalu memorsir diri aku sendiri,  Ayah memperkenalkan aku pada salah satu PTS STKS (sekolah tinggi kesejah teraan sosial) yang di naungi langsung oleh menteri kesejahteraan sosial yang kerjanya mensejahterakan rakyat . meren . yang pasti intinya disitu tuh kuliah nya kbanyakan belajar  peraktek, komunikasi pada masyarakat, dsb dsb dan ujung-ujung nya jadi relawan, nolongin orang dan itu sangat mulia dan itu tuh urang banget atuh der, haha so pasti, aku menjadi sangat bingung , alhasil dengan kebingungan itu .. hari pertama ke dua ke tiga aku camp aku bener” ga betah .. dan di luar perkiraan juga aku terpilih menjadi ketua angkatan BPB pada saat itu , secara otomatis menambah beban moril yang sangat konyol .. andai saja aku tidak terpilih menjadi ketua, aku pasti bisa kapan saja memutuskan untuk mengundurkan diri ,, tapi der aku berhusnudzon .. Allah lagi ngasih aku rencana yang lebih baik. Setelah 3hari berbaur dengan peserta akhwat sebangak 69 orang aku semakin terbiasa dengan keadaan dan mengenal dan di kenal banyak orang adalah moment yang sesuatu banget der, disana namaku berubah bukan lagi fifih, fiqoh, ficoh, atau roffiqoh, tapi jadi bulu . hiiiiiihhh bulu ! bulu itu adalah singkatan der, bulu adalah singkatan dari bu lurah -_- jelek banget singkatan nya jadi bulu . freak! Tapi ga apa” sihh .. yang penting maknanya masih ttep ketua, kalo ada yang manggil kadang suka jadi konyol sendiri .
“Bulu… bulu nya mana ini ? ayo siapin tmen-tmen nya buat pimpin do’a”
“bul…ini aku mau ngumpulin tugas”
 “bulu mana bulu? Coba cek tmen-tmen nya, kamar berapa yang belum kumplit”
“bul, bul ! jangan lupa kunci kamar titipin ke si A”
Saat itu berasa jadi pitbul -________-
Nah der, ketebak ga saat ini apa yang bikin aku survive bertahan di camp, padahal dari segi otak, aku tuh udah ga bisa buat belajar dan belajar lagi ,, pikiran aku tuh udah di kampus , udah males lah udah nneuk sama yang namanya belajar tuh, udah cape bin jenuh. Sering banget tuh der kalo aku lagi nengokin tmen” camp di datengin door to door buat ngecek kondisi mereka, mereka banyak yang nangis, ngeluh ga betah inilah itu lah .. dan aku Cuma bisa senyum dan nasehatin mereka, ngasih semangat buat mereka dengan biggest smile…padahal sebenernya aku sendiri juga ga betah , hheeeuu … dan aku sempet sakit flue der dsanaaa.. obat generic ga mempan, herbal juga ga mempan .. kayanya sakit aku kali ini bukan virus, tapi ada yang salah dengan kondisi  mental yang terlalu di paksakan .. di camp itu temen nya asik-asik .. aku lebih cepat berbaur dengan anak IPA entahlah .. sekamar itu ada yang 3,4,5 samapai 7 orang , seru sih kalo lagi bareng-bareng mereka tuh .. ibarat nya kita disana punya nasip yang sama, jauh dari keluarga, jauh dari dia, jauh dari hampong.. so .. karena itulah aku betah, hati aku berhasil meluaskan diri untuk menerima semua prosedur mereka dari mulai ga boleh jajan keluar, ga boleh pegang hp, ga boleh tlalu banyak istirahat dsb,dsb hmmm tapi aku rasa 7hari ke depan kayanya kalo di jalani biasa aja bakalan ga kerasa. Kalo hidup itu udah sulit buat apa di persulit lagi dengan cara ngeluh inilah itulah .. ga cerdik banget kalo kaya gitu . disana aku do what I want to do, bagaimanapun caranya pokonya biar akunya betah . so .. disana aku punya gelar baru , yaitu BUGIL !!! bulu gila -____- ga apa-apa , mungkin dengan seperti itu aku bisa ngeyakinin mereka . kita boleh serius, tapi ga usah terlalu serius, make it flow aja… yang penting kita udah berusaha, hasil nya ,, itu bagian dari takdir Allah .

0 komentar:

Posting Komentar

 

AKSI = REAKSI

AKSI = REAKSI
kesuksesan itu real ada di tangan kita sendiri, bukan di tangan fasilitator ataupun di tempat kita sekolah :) saya bisa ada di antara mereka karna upaya saya sendiri :)