Social Icons

dengan menyebut nama Allah

18/09/12

Sendiri Engga bikin Mati !

Dear reader ..
Banyak yang bilang kalau saya punya banyak sekali teman, entah teman sekolah, teman main, teman kenalan dan lain sebagainya. Dan saya pun mengiyakan itu. Meskipun saya banyak teman, tetap saja saya merasa dihinggapi sepi. Sebenarnya, punya banyak teman belum menjamin kita tidak akan merasa kesepian dan kebaikan teman juga belum tentu membuat kita tidak berjalan sendirian.


Sebagai makhluk hidup, pasti suatu saat kita akan mengalami yang namanya berjalan sendirian. Entah karena kita merasa kesepian, tidak ada yang bisa memahami perasaan kita, tidak ada tempat yang tepat untuk berbagi resah, atau bahkan kita memang benar-benar sendirian. Lihat tumbuhan yang hidup sendirian di tanah lapang yang tandus, kerontan, misalnya kaktus. Lihat ular atau hewan apa saja yang sendirian. Apa mereka merasa takut? Enggak kan? Buktinya mereka sering sendirian.


Jangan takut! Berjalan sendirian tanpa seorang teman akan menimbulkan rasa kesepian, kemudian muncullah keputusasaan dan patah semangat. Dari sanalah kita dituntut untuk mandiri, yah, biar bisa siap aja kalau misalnya suatu saat nanti kita akan berjalan sendirian. Toh, kalau mati kita juga akan sendirian kan?

Sendiri bukan untuk ditakuti. Justru kesendirian adalah tempat untuk menumbuhkan kesadaran diri agar bisa membangun pribadi yang mandiri, selalu berinstrospeksi. Namun, kalau suka menyendiri bukan berarti nggak butuh teman ya.. menyendiri juga butuh teman. Itu hanya salah satu karakter manusia. Mereka yang menyendiri sampai kapanpun akan membutuhkan teman, hanya saja tidak setiap waktu ia menginginkan teman selalu menemani dan ada disampingnya. Soalnya dia mengerti bahwa teman itu pasti punya kepereluan lain dan beda kepentingan dengannya sehingga ia tidak mempermasalahkan teman yang tidak menemani selalu.

Tetaplah bahagia meski sendiri, sepi tidak membunuh kita, melainkan kitalah yang harus membunuh sepi itu. Lakukan kegiatan yang positif ketika sendiri, dan rasakan bahwa sendiri bisa melatih kita untuk benar-benar berdiri.

Di dunia ini kita tidak akan berjalan sendiri kok. Pasti ada Tuhan yang akan menemani dan membimbing langkah kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 

AKSI = REAKSI

AKSI = REAKSI
kesuksesan itu real ada di tangan kita sendiri, bukan di tangan fasilitator ataupun di tempat kita sekolah :) saya bisa ada di antara mereka karna upaya saya sendiri :)