Social Icons

dengan menyebut nama Allah

24/10/12

Belajar, Hidup


Sunday moody Sunday . hari minggu ini akan menjadi hari yang spesial bagi sebagian orang, atau mungkin hari yang buruk dan sangat menyebalkan bagi sebagian orang , bagi ku hari ini adalah hari yang cukup menyenangkan tentu nya karena terlepas dari kesibukan latihan” persiapan event, Alhamdulillah.
Kegiatan rutinitas ini memang melelahkan, berangkat pagi pulang malem, privat dan bimbel adalah makanan sehari-hari, ditambah sekolah yang full day serta gono gini persiapan Ujian Nasional yang dilakukan sedari dini, kurang lebih disitulah aku hidup. Dan aku sangat enjoy walau terkadang sering terjadi konflik yang menjengahkan .. life is exam! So u must dare it whatever happened..
Reader ,kali ini ane mau menjabarkan sedikitnya pembahasan mengenai kehidupan yang terasa sulit.  Ane bilang nya Jalan Susah atau Susah jalan -____- pppfffftt…
Jalan Susah menurut istilah ane adalah jalan yang menyesatkan yang membawa kesulitan dalam mencapai suatu kebahagiaan, menurut ane kebahagian itu  bisa di raih dengan bersyukur dan ikhlas. Just it der.. cobain deh kalo kamu bisa menjalani yang namanya hidup dengan bersyukur apapun yang terjadi kamu bisa merasa cukup dan puas, ditambah lagi sama yang namanya ikhlas . beeeeeuuughh ,, top markotop lah , feeling light in weight pokona mah , jadi sebenernya jalan susah itu jalan dimana kita menyulitkan suatu keadaan oleh diri kita sendiri padahal keadaan itu mudah gitu lo. Contoh, galau nih ceritanya putus sama pacar, pacar nya selingkuh gitu ceritanya sakit hati kan yah? Mau move on, susyaah katanya, lama prosesnya. Nah selama dalam proses move on itu ya der, pasti kita banyak melakukan hal yang konyol  gtu kan yah?, kita? Kalian maksud ane .. nah hal konyol itu tuh pasti ngerugiin banget buat diri kalian sadar ga sadar dan sadar nya tuh pasti setelah kalian move on. -_-“ zzz. Contoh, biasa nya orang yang lagi galau itu fokus nya ilang, sedangkan fokus itu sangat di butuhkan dalam kehidupan. Sayangkan kalo kita kehilangan fokus, belajar di sekolah nya jadi ga bener, kalo ngobrol sama orang nya juga jadi kaya orang bego, orang ngobrol kemana kita jawab kemana, belum lagi pas galau itu biasa nya banyak ngelamun, trus kalo cwe suka tiba” keluar beraneka cairan dari mata dan idung nya , ahh sulit lah der kalo lagi galau tuh kita yang aslinya gaul dan kece seketika Nampak seperti orang yang paling menderita seantariksa, gtu lo der..
Ya separah parahnya galau itu biasa nya suka ngefek banget sama mood . dan mood itu adalah kunci dari segala aktifitas kita , ngerti kan der maksud ane?? Naaaah untuk itu Der, simak dengan seksama ya der .. terutama buat kalangan remaja gaul dan kece seusia ane sekarang  17+. Selagi kita masih muda, kita jangan melewatkan usia produktif kita untuk berkreasi menciptakan karya dan membekali banyak ilmu untuk menjalani masa yang akan datang. Usia kita itu kebanyakan adalah seorang pelajar, sedangkan pelajar itu tugasnya  belajar dan belajar, sekali lagi yang musti kalian ingat der, bahwa definisi dari belajar itu adalah mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak kita ketahui, naaah itu tandanya belajar itu ga harus duduk di dalam ruangan, buka buku, kalo kata ilmu daspen sih DDCH(duduk,dengar.catat,hapal)  kuno guys kalo menurut ane , berarti secara tidak langsung kita di tungtut untuk meonguasai materi  dan materi, lantas peraktek nya kapan gitu lo, belajar yang sesungguhnya menurut ane adalah ketika kita terjun langsung dalam kehidupan nyata,  menyikapi realita yang sesungguhnya dan bisa menangani segala permasalahan nya  dengan bijak, seperti itulah menurut ane seorang pelajar yang sukses.  Bukan dengan nilai ya der, remember it! Nilai akademik yang tinggi tidak menjamin seseorang bisa survive ketika terjun langsung di kehidupan nyata. Ngerti kan der maksud dunia nyata tuh kek apa? Itu looh waktu dimana kita udah kaya mama papah kita yang kerjaan nya ngomel” gtu der, cerewet, dan ngatur.. nah kita itu kelak seperti mereka, pertanyaan nya apakah pantas jiga kita kelak sebagai orang tua di pandangi oleh anak kita sendiri bahwa kita itu cerewet, bawel, tukang marah-marah dsb, tentu saja buat calon orang tua yang ingin berhasil tidak menginginkan hal itu, bagai mana caranya der? Ya kita jangan takut untuk belajar terjun ke dunia nya pada saat ini, bukan berarti kita harus kepo masuk ke dalam rumah tangga orang gede, tapi banyak hal yang bisa kita lakukan di luar sana untuk mempelajari butir” rumah tangga .. acieeeee -_-
                Kita belajar sabar dari sebuah kegagalan, kita belajar tegar dalam sebuah ujian, kita belajar kerja keras untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kita belajar bangkit dari sebuah kesakitan dsb, itu adalah hal-hal yang kita dapatkan kalo kita belajar di lapangan nya secara langsung. besar mana pengaruh nya antara kita duduk di kelas buka buku merhatiin guru nerangin dan itu pun ga ngejamin dalam jangka waktu sebulan setelah pengajaran si anak masih ingat dengan apa yang telah di terangkan gurunya sebulan yang lalu. Jangan kan sebulan, seminggu pun waAllahu’alam ya kita masih ingat atau tidak. Der, bukan berarti ane meremehkan belajar di sekolah ya der, woles der jangan su’udzon dulu, bagi ane belajar di sekolah juga sama pentingnya dengan belajar diluar ibarat nya belajar di sekolah itu kita belajar ilmu atau trik-triknya terlebih dahulu sebelum kita masuk ke arena sesungguh nya, tapi kan tetap saja apa gunanya ilmu atau teori yang telah kita dapat kalo toh ternyata kita gak di kasih waktu buat memperaktekan nya, teori dan peraktek adalah satu kesatuan yang harus kita miliki secara utuh der, karena terkadang apa yang di jelaskan di teori tentang kehidupan dengan hidup yang sesungguhnya ketika kita terjun di lapangan sangat jau berbeda, mungkin di teori itu akan Nampak mudah mengatakan sabar daripada kita harus mengalami yang namanya sabar secara langsung. Ada contoh kasus der .. contohnya, ketika kita akan mengikuti lomba 3 hari sebelumnya kita latihan kerja keras berharap mendapat yang terbaik, lalu kemudian usaha se optimal mungkin,  pas hari-H lomba mendapat urut peserta ke 5 terakhir dari 60 peserta,  kita ambil saja contoh lomba membaca puisi. Sebelum kita tampil kita menunggu waktu dengan berkenalan entah itu dengan peserta ataupun panitia, kemudian kita ngobrol share masalah sekolah, pengalaman dsb. Sambil nunggu waktu juga kita lihat penampilan peserta lain bacain puisi dengan berbagai macam gaya, bisa jadi ilmu kan ? . nah terus pas pengumuman hasil lomba ternyata kita ga menang, disitu tentu saja kita harus menerima dan sabar, toh kita sudah berusaha seoptimal mungkin, kita juga tegar dan pasrah mengingat bahwa Allah tidak melihat hasil melainkan usaha nya, jadi pahala juga kan kalo kita berhasil dalam menerima kegagalan  dengan sabar.
Tapi der, ternyata pada saat itu kamu mengorbankan sekolah kamu selama 7 jam untuk mengikuti lomba .. hikmah yang di dapat ketika mengikuti persaingan di luar sana diantaranya adalah : kita belajar usaha seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan yaitu “menang lomba” oh satu hal lagi der musti kalian ingat, seseorang yang berani bersaing adalah seseorang yang percaya diri, ketika kita memutuskan untuk mengikuti suatu persaingan berarti kita telah yakin pada diri kita sendiri bahwa kita layak dan bisa menjadi seorang pemenang, dan usaha yang optimal mencerminkan bahwa kita sedang berhusnudzon kepada Allah, karena kita kan sebelumnya tidak tau kita menang atau tidak. Tapi kita yakin, yaitu artinya kita berhusnudzon, jadi point pahala kan?? Nah setelah itu kemudian Allah belum memberi ijin kita untuk menang, disitu kita sabar dan ikhlas dengan asumsi pandangan bahwa seseorang yang pernah gagal adalah seseorang yang akan berhasil atau pernah berhasil. Kita jadi optimis  untuk mau bersaing lagi bukan? Nah, lalu kemudian ilmu yang kita dapat, melihat tipe” juara puisi itu seperti apa, alhasil kita punya bekal untuk persaingan yang akan datang dalam lomba baca puisi bukan? Nah kemudian yang terakhir dan yang paling indah adalah kita bisa bersilaturahmi merajut ukhuwah dengan orang yang sebelumnya tidak kita kenal asal usul nya, dan tidak menutup kemungkinan bahwa Allah membuka pintu rizki dari mereka orang yang baru kita kenal.Iingat ya der, Rizki itu tidak harus berbentuk uang J yaa jadi kesimpulannya denga sehari tidak sekolah kita dapet banyak ilmu hidup diantaranya tentang sabar,  ikhtiar, ikhlas, optimis, mau belajar dari orang lain, dan merajut ukhuwah, punya teman baru dsb. Ingat ya der, disini ane tidak menekankan bahwa belajar di luar sekolah itu baik adanya, sekolah itu penting lo der, ciyusan. maksud ane tuh supaya kalian tuh ga terpatok sama satu titik yang ga ada ujung pangkalnya . eh ane juga ga bilang bahwa sekolah itu ga ada ujung pangkalnya lo der, ahhh gmana ya, pokonya kalian musti balance lah biar hasilnya juga ga setengah-setengah -____- (mulai njelimet sama kata-kata sendiri) okeeeeey balik lagi ke point pertama pertama pertama banget ya der rupanya ane sudah membahas kejauhan satu halaman hehe, nah jadi intinya selama kita masih muda kita harus berani beda berkarya dan bercita-cita musti ingat juga satu hal ketika kita sedang galau , come on reader…  hidup itu masih panjang kamu belum masuk ke dunia perkuliahan, belum masuk ke dunia kerja, dunia pernikahan masih sangat jauh jika ternyata Allah masih menakdirkan kita sampai usia nikah lah kita anggap seperti itu, masih jauh der… masih banyak hal yang bermanfaat yang bisa kita lakukan dari pada harus menggalau kaya orang cacingan, so jauhi galau, karena galau akan merusak masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

AKSI = REAKSI

AKSI = REAKSI
kesuksesan itu real ada di tangan kita sendiri, bukan di tangan fasilitator ataupun di tempat kita sekolah :) saya bisa ada di antara mereka karna upaya saya sendiri :)