Social Icons

dengan menyebut nama Allah

17/12/10

NASIHAT ORANG TUA, AGAR ENGKAU SELAMAT....SEGERALAH KERJAKAN SHOLAT..!!!

BISMILLAH..


Wahai anakku, Apakah sholat itu mudah ataukah susah, tergantung siapa yang menilai. Bagi mereka yang sudah terbiasa mengerjakan sholat, apabila dia mengatakan bahwa sholat itu mudah, maka apa yang dikatakan itu bisa disimpulkan sebagai perkataan yang benar. Tetapi bagi mereka yang belum pernah mengerjakan sholat, kemudian dia mengatakan bahwa sholat itu sangat mudah, maka perkataannya itu dapat disimpulkan sebagai perkataan yang sangat salah dan menyesatkan, setidaknya bagi dirinya sendiri. Apalagi, dengan anggapan seperti itu kemudian diapun menunda-nunda untuk mengerjakan sholat, dengan harapan dia akan mampu mengerjakan sholat kelak dimasa tuanya.
Wahai anakku, Sholat itu dapat dikatakan sebagai suatu pekerjaan yang cukup berat. Sholat bisa juga diibaratkan seperti pekerjaan mencangkul. Bagi orang yang sudah terbiasa mencangkul, seperti para petani, mencangkaul bukanlah suatu pekerjaan yang berat, meski usia petani itu sudah tidak muda lagi. Tetapi bagi mereka yang tidak pernah mencangkul selama hidupnya, maka ketika dia sudah berusia tua, maka pekerjaan mencangkul sudah tidak mungkin lagi dia lakukan, karena phisiknya sudah tidak memungkinkan baginya untuk melakukan pekerjaan itu. Begitu juga dengan sholat, bagi orang-orang yang tidak pernah mengerjakan sholat di masa sehatnya atau di masa mudanya, maka dapat dipastikan bahwa di masa tuanya atau di masa sakitnya, dia tidak akan mampu untuk mengerjakan sholat.
Wahai anakku, Di dalam sholat ada gerakan-gerakan yang disebut rukuk dan bangun dari rukuk, duduk iftiros dan duduk tawaruk. Di dalam sholat juga ada gerakan sujud dan berdiri dari sujud. Gerakan-gerakan inilah sebenarnya yang memberikan kontribusi yang sangat signifkan terhadap kesehatan tubuh kita, selain usapan air wudlu yang menyapu bagian-bagian tubuh kita. Gerakan ini memang terlihat ringan dan mudah bagi orang-orang yang masih sehat dan masih muda usianya. Tetapi, bagi mereka yang sudah berusia tua atau sedang menderita sakit, maka gerakan ini merupakan gerakan yang paling sulit dilakukan. Setelah dicobanya sekali dua kali dan tetap saja masih terasa sulit an berat untuk dikerjakan, maka sudah bisa ditebak keputusan akhirnya, yaitu tentu dia sudah tidak mau lagi mengerjakan sholat. Dengan demikian maka keinginan untuk mengerjakan sholat nanti di masa tua sebagaimana yang telah diangankannya sewaktu masih muda dulu, tenyata sulit untuk direalisasikan.
Wahai anakku,engkau masih muda dan tubuhmu juga masih sehat wal afiat, jangan segan-segan engkau berlatih untuk mengerjakan sholat. Sekaranglah saat yang paling tepat bagimu untuk berlatih mengerjakan sholat. Jangan engkau tunda-tunda lagi, itulah sebenarnya salah satu makna dari nasihat Nabi Muhammad SAW (nabinya umat Islam) yang berbunyi : “Jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu dan jagalah sempatmu sebelum datang sempitmu”. Dan juga harus engkau ingat baik-baik bahwa sholat adalah merupakan tanda kebaikan budi pekerti seseorang. Bila sholatnya jelek, niscaya jelek juga budi pekertinya dan apabila sholatnya baik, maka baik pula budi pekertinya. Selamat Berlatih.


0 komentar:

Posting Komentar

 

AKSI = REAKSI

AKSI = REAKSI
kesuksesan itu real ada di tangan kita sendiri, bukan di tangan fasilitator ataupun di tempat kita sekolah :) saya bisa ada di antara mereka karna upaya saya sendiri :)